September 7, 2021

Mau bikin kolam ikan di rumah ? Ini tips nya

Kehadiran kolam ikan di hunian rumah anda dapat memberikan efek yang baik bagi lingkungan rumah anda. Kolam ikan akan memberikan suasana yang sejuk bagi rumah anda. Apalagi di dalam kolam tersebut terdapat ikan-ikan yang menarik dan cantik untuk dipandang.

Menurut jasa renovasi surabaya dengan hanya memandang ikan-ikan hias yang ada di dalam kolam atau aquarium, dapat menghilangkan stress. Jadi apabila anda sedang penat dengan kerjaan anda, mungkin dengan memelihara ikan akan membuat anda menjadi lepas dari kepenatan kerjaan anda. Jadi apa salahnya jika hal tersebut anda coba. Dan dengan adanya kolam ikan di depan rumah akan membuat anda betah berlama-lama di depan rumah anda.

Dalam membuat kolam ikan, anda tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Anda bisa memanfaatkan lahan yang ada. Apabila di rumah anda terdapat taman rumah, anda bisa menambahkan kolam ikan untuk mempercantik taman anda. Jadi dalam membuat kolam ikan itu tidak perlu lahan yang besar. Yang terpenting adalah fungsi dari kolam ikan tersebut.

Untuk membuat kolam ikan, anda harus tahu dulu ikan apa yang akan anda pelihara. Apabila anda akan memelihara ikan jenis ikan koi ukuran kolam ikan mempunyai kedalaman minimal 1 meter.

Kenapa demikian? Karena dengan kedalaman 1 meter ikan koi dengan mutu yang bagus dapat tumbuh dengan cepat. Jika anda akan membuat kolam yang besar, disarankan dasar kolam harus diberi konstruksi beton. Kenapa harus diberi konstruksi beton? Sebab apabila kolam ikan anda besar dan tidak diberi konstruksi beton, hal ini dapat menyebabkan kolam jebol atau retak-retak.

Untuk memberikan kesan artistik pada kolam ikan, anda dapat membuat aksen atau hiasan pada dinding kolam ikan anda. Desain model dinding kolam bisa bermacam-macam, anda bisa memberikan hiasan batu alam, batu koral, dan menambahkan jenis rumput-rumputan untuk memberikan suasana natural dan hidup untuk kolam tersebut. Andapun dapat menambahkan efek yang lainnya seperti air mancur, air terjun mini, dll. Untuk mempercantik kolam dan taman anda.

Yang harus diperhatikan apabila anda mempunyai kolam ikan, yaitu anda harus merawat kolam ikan itu dengan rutin. Sirkulasi air di dalam kolam harus anda perhatikan dengan baik. Sebab apabila anda tidak memperhatikan sirkulasi kolam, kolam ikan tersebut akan tidak enak untuk dipandang. Andapun harus rajin-rajin menguras kolam tersebut dan membersihkannya dari lumut-lumut, minimal sebulan sekali. Jadi rajin-rajinlah anda merawat kolam ikan anda agar kolam tersebut terlihat indah dan fungsi dari kolam tersebut menjadi lebih optimal.

Demikian tips membuat kolam ikan di rumah anda, semoga dengan tips tersebut anda mempunyai gambaran tentang cara membuat kolam ikan dan perawatannya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *